Apa Itu WhatsApp Bisnis dan Kenali Kelebihan Fiturnya

WhatsApp Bisnis apa

Siapa yang tidak menggunakan WhatsApp messenger? Bagi ncik dan puan pasti sudah paham betul menggunakan aplikasi berbagi pesan instan ini. Aplikasi WhatsApp mengalami perubahan dengan menambahkan sebuah fitur yaitu WhatsApp Business. Bahkan Indonesia seperti dilansir dari Kompas.com, menyebutkan sebagai negara pertama di Asia yang bisa menggunakan platform WhatsApp bisnis. Begitu pula dengan empat negara lain di awal peluncurannya seperti Italia, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Aplikasi WhatsApp bisnis dapat dioperasikan di smartphone yang menggunakan sistem operasi andorid maupun iPhone. Sejak diperkenalkan dalam format betanya bulan September 2017 lalu, aplikasi ini pun mulai dilirik banyak pebisnis. Aplikasi yang dikhususkan untuk pebisnis ini dapat diunduh secara gratis.

Pengguna akan dengan mudah terhubung dengan pelanggan dengan menggunakan fitur-fitur untuk mengautomasi, menyortir, dan menjawab pesan secara cepat. Perbedaannya dengan whatsapp messenger ialah pada menu setelan bisnis. Pada pilihan tersebut akan tampil beberapa fitur yang mendukung interaksi untuk menjalankan bisnis ncik dan puan. Beberapa fitur andalan yang bisa digunakan untuk menjalankan bisnis sebagai berikut:

Profil Bisnis

Buat profil bisnis dengan informasi yang bermanfaat untuk pelanggan, seperti alamat, deskripsi bisnis, alamat email, dan situs web. Tentu saja bagian ini menjadi daya tarik tersendiri untuk menjaga kepercayaan pelanggan ncik dan puan, informasi yang ditampilkan menambah trust pelanggan. Ini menjadi pembeda yang mendasar pada whatsapp biasa dengan bisnis.

Katalog

WhatsApp katalog merupakan fitur baru dimana memudahkan pengguna untuk berjualan atau pemasaran. Pada fitur ini pengguna dapat mengupload produk-produk atau jasa dan dibagikan ke kontak di whatsapp. Katalog produk yang sudah diupload pada profil pengguna meski tidak dibagikan pada setiap kontak, pengguna lain juga bisa melihat produk yang ada pada profil.

Statistik

Pada bagian menu statistik akan tampil jumlah pesan yang terkirim, pesan tersampaikan, pesan dibaca, dan pesan diterima. Ini menunjukkan seberapa banyak interaksi yang terjadi pada WhatsApp bisnis kita.

Tautan Pendek

Jika dulu untuk membuat shortlink harus menggunakan bantuan google atau media lain, kini pada aplikasi WhatApp bisnis cukup mengcopy kode yang sudah tertera pada bagian tautan pendek.

Pada menu ini, kalian memungkinkan untuk mengedit dan mengirim pesan default saat membuka tautan pendek atau kalimat pembuka saat orang membuka link tautan whatsapp.

Akun tertaut

Menu ini sudah familiar bagi kalian yang sering mengunkan aplikasi media sosial seperti facebook dan instagram. Pada WhatsApp bisnis kalian bisa menghubungkan WhatsApp bisnis dengan halaman facebook bisnis atau perusahaan.

Selain fitur diatas, beberapa fitur penunjang kegiatan bisnis yang bisa ditemukan pada whatsapp bisnis:

Balas Cepat

Balas cepat memungkinkan ncik dan puan untuk menyimpan dan menggunakan pesan yang sering dikirim sehingga dapat dengan mudah menjawab pertanyaan-pertanyaan umum dengan cepat.

Label

Label kontak terletak pada bagian atas bagian chat whatsapp bisnis, yaitu dengan cara menahan chat lalu akan muncul pilihan label diatas yang sejajar dengan pilihan tandai, hapus dan mute. Dengan mengelola kontak atau chat dengan penggunaan label ini dapat menemukan chat dengan mudah. Misalnya dengan memberi tanda pelanggan tetap, tanda sudah bayar, tanda menunggu transfer, semua bisa diatur sesuai keinginan pengguna.  

Pesan Otomatis

Setel pesan di luar jam kerja ketika anda tidak dapat membalas pesan agar pelanggan tetap tahu kapan mereka akan menerima balasan. Anda juga dapat membuat salam untuk memperkenalkan pelanggan bisnis anda.

Adanya Tanda Centang Hijau

WhatsApp bisnis dalam penggunaannya tidak memerlukan proses verifikasi layaknya WhatsApp messenger. Begitu juga dengan tanda centangnya, jika umumnya pada twitter dan instagram akun terverifikasi berwarna hijau. Jika kamu melihat tanda ini, berarti nomor tersebut resmi milik perusahaan atau bisnis.

Itulah beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung aktivitas bisnis ncik dan puan. Menurut kalian fitur mana saja yang paling membantu dan menyenangkan?#

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *