Tempat Wisuda Kampus Besar di Riau dari Hotel Berbintang Hingga Tenda Biru Nikahan

tempat wisuda kampus besar di riau dari hotel berbintang hingga tenda

Momen wisuda adalah yang paling ditunggu-tunggu oleh mahasiswa. Apalagi bagi mereka yang tak wisudah-wisudah seperti saya ini.

Banyak sekali orang-orang kampus menganggap bahwa momen ini hanya terjadi sekali dalam seumur hidup—bagi mereka yang tidak lanjut S2. Selain itu, ada juga yang merasa bahwa wisuda adalah pencapaian akhir saat berkuliah, saat-saat dimana rektor memindahkan tali toga adalah yang paling manis untuk dikenang, jadi prestasi ini harus dirayakan dengan sakral hingga kenangannya terasa terus hingga ajal menjemput.

Saya setuju juga sebenarnya, kesakralan wisuda juga ditandai dengan datangnya orang tua untuk menengok dan bangga kepada anaknya. Tak kalah penting, hal yang paling ditunggu ini juga dapat sebagai tempat orang tuaku dan orang tuamu bertemu nantinya. Haha, ini terkhusus bagi wisudawan yang punya pacar di kampus yang sama ya. Semoga jadi besanan.

Bual-bual mengenai sakral dan pentingnya wisuda, tentu persoalan tempat juga memengaruhi hal ini. Orang tua yang datang jauh-jauh dari kampuang nan jauh di mato, tentu tak ingin ketinggalan melihat anak yang dibanggakan dipanggil kedepan tanda sahnya dia menyandang gelar akademik baru.

Nah, saya akan menjabarkan bagaimana proses wisuda empat kampus besar di Riau beserta tempat wisudanya. Cekidot.

1. Universitas Lancang Kuning.

Iyak, universitas yang lebih sering dipanggil Unilak ini bertempat di ujung Pekanbaru. Jadi jika kalian berkuliah di sana, terpeleset dikit pastinya sudah keluar dari wilayah Ibu Kota Riau ini. Unilak akan mengadakan wisuda pada 12 Oktober nanti. Huuu selamat ya bagi kamu yang akan berwisuda. Setelahnya harus bikin bangga orangtua dahulu, jangan langsung mikir nikah.

Tempat wisuda calon wisudawan dan wisudawati ini nantinya tidak di kampus. Melainkan di sebuah hotel yang cukup ternama di Pekanbaru. Hotel Labersa namanya. Cukup jauh dari kampus Unilak, artinya dari Rumbai ke Siak Hulu, masalahnya tak ada angkutan umum yang langsung menuju tempat wisuda.

Saya pernah kesana, tapi bukan untuk menginap, namun untuk berenang. Sebab dia punya kolam renang yang lengkap dengan seluncurannya. Namanya Riau Fantasy.

Seru banget kan? Ruangan wisudanya cantik, bersih, rapi dan nyaman. Yaiyalah, sekelas hotel juga.

Nantinya, wisudawan/i akan membawa keluarganya. Jatah keluarga yang boleh masuk dan melihat langsung prosesi tersebut hanya dua orang, ya cukuplah buat tiket masuk ayah dan emak. Sebenarnya membatasi orang yang masuk ini tujuannya supaya meminimalisir keramaian. Apalagi saat wisuda, jangan sampai orang se kampung nanti dibawa-bawa. Bisa sumpek sekali jadinya.

Diantara kampus besar lainnya, Unilak satu-satunya yang mengadakan hajat wisuda di hotel.

2. Universitas Islam Riau.

Universitas ini biasanya disingkat UIR, tapi kalau mereka bilang sih Universitas Indonesia di Riau. Merupakan kampus swasta yang bertempat di Jalan Kaharuddin Nasution, Marpoyan, Pekanbaru. Kampus ini memiliki tempat wisuda sendiri. Alias tidak perlu ke hotel untuk melaksanakan momen sakral itu.

Posisinya di Gedung Olah Raga Kampus. Masih satu komplek di lingkungan kampus UIR. Jika masuk dari gerbang depan, kira-kira 300 meter sebelah kiri.

GORnya bagus dan luas. Sanggup menampung ribuan orang sekalian orang tuanya juga. Mereka memberlakukan hal yang sama seperti Unilak, keluarga yang boleh masuk dan melihat langsung proses wisuda hanya dua orang.

Dulu saya pernah ke gedung ini, saat Mbak Najwa Sihab bertandang ke Pekanbaru. Wihh isi gedungnya ramai kala itu, maklum orang berdesakan masuk sebab ingin melihat Mbak Nana. Hangat-hangat dikit tak ape lah.

Kesimpulannya, tempat wisuda di UIR juga mantep. Walau dari segi tempat masih kalah dengan hotel wisuda Unilak.

3. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim

Kalau yang ini, mereka juga punya tempat wisuda sendiri di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa UIN Suska. Tempatnya luas sangat. Sanggup juga menampung ribuan orang mahasiswa beserta orangtuanya.

Jadi bagi yang punya undangan, silahkan masuk. Satu undangan jatahnya dua orang. Nanti keluarga dapat melihat proses pemindahan tali toga dari kanan ke kiri itu secara langsung.

Tempatnya dingin, lapang, luas dan bersih. Pokoknya kesakralan wisuda pun terasa khidmat.

Letak Gedung PKM UIN Suska berada agak ke dalam lingkungan kampus. Tenang saja, ada angkutan umum Trans Metro Pekanbaru rute Jalan Sudirman langsung berhenti terakhir di sekitar gedung.  

4. Universitas Riau.

Kampus ini adalah Universitas nomor satu di Riau. Ia kampus negeri yang sudah berdiri sejak 1962. cukup tua juga. Walau dia kampus nomor 1 se-Riau, namun tak membuat tempat wisudanya nomor satu juga. Malah nomor paling belakang. Hehe.

Begini, pusat pembelajaran kampus ini adalah di Panam. Walau ada beberapa fakultas yang terpisah. Misalnya saja Fakultas Kedokteran yang berada di Jalan Diponegoro, ada juga Fakultas Hukum, Fakultas Keperawatan, Pasca Sarjana di Gobah Pekanbaru.

Walau pusatnya di Panam, namun acara wisuda bertempat di Kampus Gobah, Jalan Pattimura No. 9. Sebab di Panam tak memiliki gedung yang memadai untuk menjalankan prosesi wisuda. Tapi jangan Anda kira di Kampus Gobah mereka punya gedung yang memadai untuk wisuda, melainkan belum.

Gedung tempat wisuda ini biasanya di Gedung PKM UNRI Gobah. Ia kecil, tak cukup menampung ribuan orang. Akibatnya acara wisuda dibagi menjadi beberapa sesi dan beberapa hari pula. Wilih kayak dipisah-pisah gitu. Maksimal satu sesi itu 600 wisudawan.

Misalnya saja pada Oktober ini. Ia akan mengadakan dua hari berturut-turut pada tanggal 9 dan 10. Itu pun seharinya jadi dua sesi. Pada pagi hari akan mewisuda Fakultas A, sedang siang hari akan mewisuda Fakultas B. Tidak menyatu, dilakukan secara terpisah-pisah. Kalau begini, bagaimana caranya orang tuaku dan orang tuamu bertemu nantinya?

Tidak hanya itu, orangtua juga tidak boleh masuk gedung karna kapasitas tak cukup. Lahh ini bagaimana? Bagaimana ini? Yaa gitu, orang tua kita akan menunggu di luar.

Di luar gedung diberi tenda perkawinan berwarna biru dan kuning. Tenda itu dilengkapi layar TV seadanya yang nantinya menampilkan proses wisuda di dalam gedung. Duhh sedihnya. Gimana gak sedih coba, daripada nonton hanya lewat tipi begitu, lebih baik orangtua tak usah datang, tohh nanti tayangan wisuda dapat dilihat di Channel Youtubenya Humas UNRI.

Tapi ya gimana, memang begitu kondisinya. Belum lagi suasana panas di dalam tenda dapat membuat keringat bercucuran dan melunturkan make up Emak yang agak tebal. Bisa bahaya buat saya, sudahlah kuliahnya lama, saat wisuda malah bikin marah.

Pokoknya, berdasarkan rating, tempat wisuda UNRI terendahlah. Jika Anda ingin mempertemukan orangtua dan saling mengenal. Saran saya setelah proses wisuda yang bikin sumpek itu silahkan bawa keluarga ke tempat yang nyaman. Misalnya rumah makan yang ada AC, atau taman yang dingin. Supaya proses kenal-kenalan antar keluarga berlangsung adem dan keluarga moodnya baik.

Jangan sampai maksa di tenda tempat wisuda. Itu suasana yang tidak tepat. Bisa-bisa kamu dan doi malah gak direstui nantinya sebab saat salaman emakmu tak sempat memperbaiki make upnya yang luntur karena keringat berlebihan di tenda nikahan.#

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *